06/04/2012

ISTIKHOROH

Ketika kita diperhadapkan dengan sebuah pilihan yang rumit, berada dalam keraguan, memohon agar diberikan keteguhan dalam sebuah keyakinan, maka dengan mengandalkan perasaan saja tidak cukup. Kita butuh sebuah kekuatan besar diluar insthink kemanusiaan kita, dan kekuatan itu adalah pilihan terbaik dari Alloh yang diteguhkan di dalam hati kita.

Salah satu cara untuk mendapatkan keteguhan dalam berprinsip, memilih, dan meyakini sesuatu adalah dengan melakukan Sholat Istikhoroh, inilah cara yang disyari’atkan Agama saya, Islam.

Selama hidup saya, semenjak kecil sampai saat ini, sejujurnya baru empat kali melakukan sholat istikhoroh. Dan memang itu saya lakukan ketika diperhadapkan dengan pilihan-pilihan yang sulit dalam hidup.

Pertama kali saya beristikhoroh ketika lulus dari SMA. Ketika itu saya diperhadapkan dengan banyaknya pilihan untuk melanjutkan kuliah, dan karena saya berpikir bahwa kuliah adalah sarana untuk menunjang masa depan saya, maka saya perlu untuk melakukan istikhoroh untuk memilih kampus dan jurusan mana yang akan saya masuki. Alhamdulillah diberikan keteguhan hati untuk memilih jurusan kimia, dan itu saya syukuri sampai sekarang. ^^

Kedua kali saya melakukan istikhoroh adalah ketika berada pada semester akhir dan hendak menulis skripsi. Pada saat itu saya diperhadapkan dengan tiga pilihan judul skripsi yang ketiga-tiganya sebenarnya sudah disetujui oleh Dosen pembimbing, namun saya harus memilih mana yang terbaik diantara ketiga judul tadi agar nantinya tidak mengalami kesulitan ketika berada dalam proses penelitian dan menulis.

Kali ketiga saya beristikhoroh adalah ketika diperhadapkan dengan dua pekerjaan yang sama namun berbeda instansinya. Meminta pada Alloh agar diberikan pekerjaan yang baik, tempat kerja yang bersahabat, dan dapat menunjang masa depan saya. Maka sayapun beristikhoroh untuk dua pilihan tempat kerja tersebut. Sampai hari ini, saya menjalani pekerjaan di dua tempat yang berbeda tersebut, namun hati saya sudah memilih untuk lebih fokus pada satu tempat saja. Dan itulah hasil istikhoroh saya.

Yang keempat, saya beristikhoroh untuk seorang wanita. Ya, memilih wanita terbaik untuk menjadi pasangan hidup kelak memang tidak sembarangan. Harus benar-benar dilihat dari semua aspek walaupun tidak mesti harus sempurna dalam segala hal, namun hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari. Wanita yang baik secara kepribadiannya, maupun baik jiwanya, terutama agamanya.
Untuk istikhoroh yang keempat ini, sebenarnya saya tidak berada dalam posisi memilih dua atau tiga wanita, hehe… karena memang hanya ada satu wanita saja yang saya sukai. Istikhoroh kali ini lebih mengarah pada dikuatkannya keyakinan saya, meminta kepada Alloh agar jika pilihan saya ini benar maka tolong agar diteguhkan keyakinan saya. Dan Alhamdulillah keyakinan itu pun semakin bertambah dan bertambah setiap harinya. Bahkan hingga sampai saat memposting tulisan ini, saya sangat yakin bahwa dialah sosok yang Alloh pilihkan untuk saya. ^^

Demikianlah Istikhoroh, disediakan oleh Alloh yang Maha Bijaksana, sang penancap keteguhan dalam tiap hati orang-orang yang yakin kepadaNya. Agar kita mau menjadikan Alloh sebagai solusi, sebagai jalan keluar, sebagai tempat kembali, sebagai tempat mengadu dan seterusnya..

Big thanks to you God, Alloh Subhanallohu Wa ta’alaa, yang sampai saat ini masih menancapkan keyakinan yang kuat dalam hati saya atas apa yang saya pilih setelah beristikhoroh. Dan saya yakin semua yang Engkau pilihkan adalah yang terbaik kepada saya..

06/04/2012~FRF

No comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda setelah membaca